Lomba Microsoft Excel Jadi Ajang Esports dengan Hadiah Besar

News  
Suasana Turnamen Excel (Sumber: YouTube Financial Modeling World Cup)
Suasana Turnamen Excel (Sumber: YouTube Financial Modeling World Cup)

JAKARTA - Microsoft Excel, aplikasi pengolah angka yang biasa digunakan untuk keperluan bisnis dan akademis, ternyata juga bisa menjadi media untuk bersaing, berkreasi, dan bersenang-senang. Hal ini terbukti dengan adanya lomba Microsoft Excel yang diadakan secara internasional dan disponsori oleh Microsoft sendiri.

Turnamen Excel (Sumber: YouTube Financial Modeling World Cup)
Turnamen Excel (Sumber: YouTube Financial Modeling World Cup)

Lomba tersebut bernama Financial Modeling World Cup (FMWC), sebuah kompetisi yang menguji kemampuan para peserta dalam menggunakan Excel untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ditemui di dunia nyata. Lomba ini diikuti oleh 128 peserta dari 21 negara, yang memiliki jam terbang yang luar biasa di Excel, mulai dari 10.000 jam hingga 28.600 jam.

Lomba ini terdiri dari beberapa ronde, yang masing-masing memiliki studi kasus sepanjang satu hingga lima halaman dengan enam hingga 15 pertanyaan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Setiap peserta harus menjawab setiap pertanyaan dengan menggunakan Excel dan mendapatkan poin sebanyak mungkin. Lomba ini memiliki total hadiah yang cukup besar, yaitu 10.000 dollar AS atau sekitar Rp 143.857.500.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Andrew ‘The Annihilator’ Ngai (Sumber: YouTube Financial Modeling World Cup)
Andrew ‘The Annihilator’ Ngai (Sumber: YouTube Financial Modeling World Cup)

Salah satu peserta yang berhasil menorehkan prestasi adalah Andrew ‘The Annihilator’ Ngai, berhasil membawa pulang titel juara di Microsoft Excel World Championship untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Lomba Microsoft Excel ini menunjukkan bahwa aplikasi yang sering dianggap sebagai alat kerja yang membosankan juga bisa menjadi ajang untuk menunjukkan kreativitas dan keterampilan. Siapa tahu, mungkin di masa depan akan ada lomba serupa untuk aplikasi lainnya, seperti Word, PowerPoint, atau bahkan Paint.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Partner resmi Republika. Forever Esports merupakan media yang membahas 24jam tentang Esports di Indonesia maupun luar. Di sini kamu dapat mencari tahu

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image