Berikut 5 Bug Umum yang Kerap Muncul di Game PC Maupun Mobile

Games  
Bug di dalam game GTA V (sumber: Milik Pribadi)
Bug di dalam game GTA V (sumber: Milik Pribadi)

JAKARTA - Bug menjadi gangguan yang dapat merusak kesenangan, karena hal tersebut tidak akan terlepas ketika game sering memberikan pengalaman yang mendalam dan memuaskan.

Bug dapat muncul dalam berbagai bentuk dan tingkat keparahan, mulai dari Bug ringan hingga ke Bug berat yang dapat merusak PC/Smartphone anda.

Sederhananya Bug adalah kegalalan sistem atau kecacatan dalam software game yang meneyebabkan game tidak berjalan dengan semestinya, kali ini mari kita bahas 5 macam Bug umum yang sering terjadi di PC:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Collision Bug: Dua objek saling bersentuhan atau bertabrakan di dalam dunia virtual permainan

Collision Bug didalam game The Witcher (Sumber: stayrelevant.globant.com)
Collision Bug didalam game The Witcher (Sumber: stayrelevant.globant.com)

Salah satu bug paling umum yang sering terjadi dalam game adalah collision bug. Ini terjadi ketika karakter atau objek dalam permainan tidak berinteraksi dengan benar dengan lingkungannya.

2. Ai Glitch: Ketidaksempurnaan Kecerdasan Buatan

Glitch ini dapat terjadi ketika algoritma atau kode pemrograman yang bertanggung jawab untuk mengatur perilaku AI tidak berfungsi seperti yang diinginkan atau diharapkan. Dalam beberapa kasus, AI Glitch dapat mengakibatkan situasi yang aneh, tidak realistis, atau bahkan merugikan dalam konteks permainan.

Contohnya, AI Glitch mungkin membuat karakter AI bergerak secara tidak terduga, melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan logika permainan, atau bahkan terjebak di dalam struktur permainan.

Dalam beberapa kasus, pemain dapat memanfaatkan AI Glitch untuk keuntungan mereka sendiri.

3. Graphic Anomalis: Dunia Visual Menjadi Aneh

Bug Visual digame CyberPunk 2077 (sumber: mp1st.com)
Bug Visual digame CyberPunk 2077 (sumber: mp1st.com)

Bug Grafis merupakan bug yang mempengaruhi aspek visual, seperti objek yang hilang atau muncul tiba – tiba, tekstur bermasalah, atau efek visual yang tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Meskipun tidak mempengaruhi gameplay secara langsung tapi bug ini sangat mengganggu dan mengurangi kualitas visual pemain.

Beberapa game bahkan dapat mengalami bug grafis yang menciptakan dunia yang benar-benar aneh dan tidak terduga.

4. Save Game Error: Hilangnya Data Permainan

Terjadi ketika sistem penyimpanan permainan tidak dapat berfungsi dengan benar, mengakibatkan kehilangan data atau kegagalan dalam proses menyimpan kemajuan permainan. Kesalahan ini dapat terjadi karena sejumlah faktor, seperti konflik antara perangkat keras atau perangkat lunak dengan proses penyimpanan, masalah koneksi, atau kegagalan sistem secara keseluruhan.

Dampak dari save game error bisa sangat frustrasi bagi pemain, terutama jika mereka kehilangan kemajuan yang telah dicapai dalam permainan.

5. Server issues: Gangguang Koneksi

Server Error PUBGM (sumber: gamingonphone.com)
Server Error PUBGM (sumber: gamingonphone.com)

Dalam permainan game online bug yang sering kali muncul adalah bug server, hal ini sudah menjadi hal yang tidak asing bagi game online. Bug ini mencakup masalah koneksi atau Lag, koneksi terputus secara tiba – tiba. Bug ini tidak hanya mempengaruhi aspek teknis permainan tetapi juga kenyamanan pemain.

Pengembang game atau developer terus bekerja keras melakukan update agar meminimalkan terjadinya bug. Disisi lain pemain dapat membantu dengan memberikan report atau laporan bug yang rinci kepada pengembang game dengan harap agar bisa diperbaiki lebih lanjut. Dengan harapan industri game terus berkembang, memberikan pengalaman bermain yang semakin memuaskan bagi para penikmat game.

Itulah dia deretan Bug umum yang kerap muncul di PC atau mobile.

Ikuti kami di Instagram dan tiktok @foreveresports.id. agar kamu dapat mengetahui informasi terbaru seputar Esports Tanah Air dan Internasional.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Partner resmi Republika. Forever Esports merupakan media yang membahas 24jam tentang Esports di Indonesia maupun luar. Di sini kamu dapat mencari tahu

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image